Resume PKKMB Unusa Day-2

 


Fakultas Kedokteran Unusa Surabaya

Materi 1: Bagas Satrio Wicaksono (Tantangan dan peluang mahasiswa dalam revolusi industri 4.0 dan society 5.0)

Kak agas menceritakan tentang perjalanan hidupnya, termasuk kesulitan ekonomi yang hampir menghalangi langkahnya. Namun, berkat kerja keras dan ketekunan, ia berhasil mendapatkan hasil yang memuaskan hingga saat ini. Kak Agas menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara usaha yang dilakukan dengan kemampuan diri. Dalam usaha mencapai tujuan, tidak perlu memaksakan diri secara berlebihan, bila tekanan terlalu banyak, justru bisa menjadi kontraproduktif, terutama bagi mereka yang aktif dalam organisasi dan memiliki tanggung jawab besar. Jangan sampai energinya habis pada saat organisasi saja. Berikut beberapa tips saat menjadi pemimpin: Mengingatkan dan mengontrol kinerja anggotanya, bisa memanage waktu. Sedangkan tantangan terbesar adalah peluang kita.


Materi 2: Prof. Haryono Umar, SE., Ak., M.Si (Generasi muda berintegritas anti korupsi)

Korupsi adalah bentuk kejahatan serius yang merugikan negara dan masyarakat. Memaparkan kasus-kasus terkini yang melibatkan pejabat negara, termasuk oknum yang seharusnya menjadi panutan. Selain itu juga diberikan 32 jenis korupsi seperti menyuap pegawai negeri, memberikan hadiah kepada pejabat negeri karena jabatannya, menyuap hakim, dll. Tindakan korupsi tidak hanya melanggar hukum, tetapi juga menghancurkan kepercayaan masyarakat dan menyejahterakan diri sendiri dengan merugikan negara. berikut tindakan pidana lain yang berkaitan dengan TPK yaitu: Merintangi proses pemeriksaan perkara korupsi kemudian tersangka memberikan keterangan mengenai kekayaannya, bank yang memberikan keterangan rekening tersangka, saksi atau ahli yang tidak memberi keterangan atau memberi keterangan palsu, dan seterusnya. 

Unsur-unsur korupsi: 

-merugikan keuangan negara

-ada pelakunya

-merugikan diri sendiri dan orang lain atau korporasi

-melawan hukum

Materi 3: KH. Ma'ruf Khozin (Keazwajaan)

Menghindari pentingnya gerakan-gerakan Islam radikal yang saat ini banyak menyasar mahasiswa.  Gerakan radikal bertentangan dengan prinsip Rahmatan lil 'Alamin. 

Ajaran Aswaja dasarnya ialah  pada pedoman dari para ulama besar yaitu Imam Asy'ari dan Maturidi dalam bidang akidah, serta Imam Hanafi, Maliki, Syafi'i, dan Hambali dalam bidang fiqih. Dan bidang tasawuf seperti Imam Al-Junaid dan Al-Ghazali. 

KH. Ma'ruf menekankan bahwa sikap kemasyarakatan dari Nahdlatul Ulama, mahasiswa harus menyatakan adil dan lurus serta menghindari segala bentuk pendekatan bersifat ekstrim (Tawwasuth), toleran (tasamuh), (tazamun) sikap seimbang dalam berkhidmat kepada sesama manusia dan menyerahkan khidmat pada Allah SWT. , serta selalu mendorong perbuatan baik yakni amar ma'ruf nahi munkar sesuai kaidah agama Islam.

Lihat juga blog teman saya: https://agungfebrian18.blogspot.com/2024/09/fakultas-kedokteran-unusa-tanggal-3.html

- Facebook

https://www.facebook.com/unusaofficialfb

- Instagram

https://www.instagram.com/unusa_official/

- Youtube

https://www.youtube.com/@unusa_official

- Twitter ( X ) : https://x.com/unusa_official?lang=en

- Tiktok

https://www.tiktok.com/@unusa_official

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Unusa Menggelar Brave ke-4

Resume PKKMB Unusa Day-1